Tempat kerja adalah lingkungan yang memiliki potensi untuk memengaruhi kesehatan mental dengan berbagai cara. Bagi banyak orang, pekerjaan adalah bagian penting dari kehidupan mereka, tetapi tekanan dan stres yang berhubungan dengan pekerjaan dapat mengganggu kesejahteraan mental. Oleh karena itu, penting untuk mengenali pertanda stres serta bagaimana mengatasi stres kerja agar dapat menjaga kesehatan mental dengan baik.

Stres kerja adalah respons fisik dan emosional yang timbul ketika tuntutan pekerjaan melebihi kemampuan diri yang dimiliki. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk tekanan waktu, tanggung jawab yang berlebihan, konflik interpersonal, atau ketidakpastian pekerjaan. Padahal, stres kerja yang berkepanjangan dan tidak diatasi dapat berdampak buruk pada kesehatan mental.

Ada beberapa tanda-tanda bahwa mungkin terjadi bila mengalami stres kerja, seperti:

1. Perasaan cemas dan gelisah

Merasa tegang dan khawatir secara konstan tentang pekerjaan.

2. Perasaan lelah yang berlebihan

Merasa kelelahan bahkan setelah tidur yang cukup, dan energi terasa terus terkuras.

3. Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi

Merasa kesulitan untuk memusatkan perhatian pada tugas-tugas pekerjaan yang diberikan.

4. Perubahan suasana hati

Suasana hati yang mudah berubah atau cenderung labil seperti menjadi mudah tersinggung, marah, atau depresi juga dapat menjadi pertanda mengalami stres.

5. Perubahan fisik

Tidak hanya berdampak pada kesehatan mental. Namun, stres kerja dapat menghasilkan gejala fisik seperti sakit kepala, gangguan tidur, atau gangguan pencernaan.

Apapun penyebabnya, stres ataupun gangguan kesehatan mental lainnya harus segera mendapatkan penanganan. Oleh karena itu, terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan guna mengatasi stres di tempat kerja, yaitu:

1. Mengelola waktu dengan baik

Buat jadwal yang baik untuk pekerjaan dan prioritaskan tugas-tugas yang paling penting. Jangan ragu untuk meminta bantuan jika merasa terlalu banyak mendapatkan tugas.

2. Bangun komunikasi

Jika berada dalam situasi seperti menghadapi masalah atau konflik di tempat kerja, jangan ragu untuk berbicara dengan rekan kerja atau atasan. Terkadang, membuka komunikasi dapat membantu menyelesaikan masalah.

3. Istirahat yang cukup

Penting untuk mengambil istirahat selama hari kerja. Jangan terlalu lama duduk di depan komputer. Berjalan-jalan sejenak atau beristirahat sebentar dapat membantu mengurangi tekanan.

4. Aktivitas fisik

Lakukan olahraga secara teratur dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental.

5. Manajemen ekspektasi

Sadari batasan dan jangan terlalu keras pada diri sendiri. Berfikir realistis dalam ekspektasi terhadap diri juga dapat membantu mengatasi stres akibat pekerjaan.

6. Meditasi dan relaksasi

Teknik meditasi dan relaksasi seperti yoga atau meditasi pernapasan dapat membantu meredakan stres.

7. Dukungan psikologis

Jika merasa stres kerja terlalu berat, pertimbangkan untuk mencari dukungan dari seorang profesional kesehatan mental.


Kesehatan mental yang baik di tempat kerja adalah aset berharga bagi diri sendiri bahkan bagi perusahaan. Mengenali tanda-tanda stres kerja dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya dapat meningkatkan kualitas hidup dan membantu mencapai keseimbangan yang sehat antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Jangan ragu untuk memperoleh bantuan medis atau profesional dalam bidang kesehatan mental agar segera memperoleh solusi terbaik dari masalah mental yang mungkin dialami akibat pekerjaan. Download aplikasi IHC Telemed di App Store dan Google Play dan nikmati layanan konsultasi langsung dengan dokter IHC dimanapun dan kapanpun. IHC Telemed, sehat dalam genggaman.