Memiliki lingkungan kerja yang nyaman merupakan dambaan bagi setiap pekerja. Karena lingkungan kerja yang nyaman menjadi penunjang dan penyemangat kerja. Seperti memiliki rekan kerja yang saling mendukung satu sama lain, atasan yang bisa mengayomi pegawainya hingga tim kerja yang solid.
Sayangnya, tidak semua orang beruntung mendapatkan hal-hal tersebut. Tidak sedikit orang yang memiliki lingkungan kerja yang berlebihan hingga cenderung mengganggu kehidupan pribadi atau toxic, atasan yang semena-mena hingga rekan kerja yang tidak mendukung.
Oleh karena itu, simak beberapa tips untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan nyaman:
1. Ciptakan tempat kerja senyaman mungkin
Tempat kerja seperti ruangan, meja dan bangku kerja dapat menjadi salah satu penunjang tempat kerja yang nyaman. Pastikan ruangan tempat bekerja memiliki pencahayaan yang cukup, suhu yang sejuk serta terjaga kebersihannya. Apabila lingkungan tempat bekerja telah terjaga dengan baik, maka bekerja pun semakin nyaman dan terjaga kualitasnya.
2. Letakkan orang dalam posisi dan porsi yang tepat
Setelah tempat, orang yang bekerja pada posisi dan porsi yang tepat juga dapat berpengaruh dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Ketahui bidang seseorang, passion, kekurangan dan kelebihan seseorang. Hal tersebut dapat diketahui ketika tahap perekrutan, sehingga seseorang dapat bekerja sesuai dengan job desk yang ditentukan.
Jika para pekerja yang ada di sebuah kantor sudah ditempatkan sesuai dengan bidang dan keahliannya, maka pekerjaan pun akan semakin maksimal dan berkualitas.
3. Bangun komunikasi yang baik
Komunikasi yang terjaga dengan baik cukup penting dalam membangun lingkungan kerja yang kondusif. Bangun komunikasi yang baik antar sesama teman atau rekan kerja satu tim maupun dari atasan ke bawahan.
Hal tersebut sangat bermanfaat bila terjadi masalah dengan pekerjaan, serta meminimalisir terjadi miss komunikasi. Karena dalam dunia kerja manusia pasti membutuhkan bantuan orang lain dan tidak bisa bekerja sendiri.
4. Membangun kebersamaan
Setelah membangun komunikasi yang baik, membangun kebersamaan dalam bekerja juga sangat baik untuk dilakukan. Karena biasanya, ketika di kantor setiap orang sibuk dengan diri sendiri hingga kerap melupakan orang lain.
Membangun kebersamaan dengan teman-teman di kantor merupakan hal yang sangat baik untuk dilakukan. Hal ini dapat dibangun dengan membuat acara makan bersama teman-teman kantor. Karena pada momen inilah ikatan kekeluargaan dapat dipererat. Selain itu, ketika momen makan bersama ini bisa saling sharing satu sama lain sehingga kebersamaan semakin terjalin.
5. Jangan sungkan untuk saling memberi ide
Bekerja sama atau bekerja secara solid dalam satu tim merupakan hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Oleh karena itu, ciptakan atmosfir kerja yang saling suportif dan saling membangun agar saling terbuka dalam memberi ide-ide kreatif. Jika hal tersebut sudah terbentuk, maka tidak ada lagi rasa sungkan untuk saling berdiskusi secara terbuka, bertukar pikiran dan berbagi ide untuk memperoleh hasil kerja yang maksimal.
Tidak semua orang beruntung memiliki lingkungan kerja yang sehat dan nyaman. Oleh karena itu, ciptakan suasana kerja yang sehat dan nyaman di lingkungan kerja agar bekerja bersama teman kantor menjadi sesuatu yang menyenangkan. Membangun lingkungan kerja yang positif dapat dimulai dari diri sendiri. Download aplikasi IHC Telemed di App Store dan Google Play dan nikmati layanan konsultasi langsung dengan dokter IHC dimanapun dan kapanpun. IHC Telemed, sehat dalam genggaman.