Jika berbicara tentang layanan kesehatan, seringkali hanya berfokus pada hak-hak pasien yang harus dipenuhi oleh penyedia layanan kesehatan. Akan tetapi, tidak banyak yang membicarakan mengenai kewajiban pasien dalam layanan kesehatan. Padahal, seorang pasien memiliki tanggung jawab dalam memastikan kualitas pelayanan kesehatan yang diterima.

Kewajiban pasien dalam layanan kesehatan tidak hanya terbatas pada membayar biaya pelayanan kesehatan atau mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan oleh penyedia layanan kesehatan. Pasien juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain, berkomunikasi dengan jujur dan terbuka dengan penyedia layanan kesehatan, serta mengikuti saran dan instruksi dari penyedia layanan kesehatan.

Oleh karena itu, tidak hanya hak-hak pasien dalam layanan kesehatan saja yang perlu untuk dibahas. Namun, kewajiban-kewajiban pasien dalam layanan kesehatan juga tidak kalah penting untuk pahami. Berikut beberapa kewajiban pasien dalam layanan kesehatan:

1. Mematuhi peraturan yang berlaku di Rumah Sakit;

2. Menggunakan fasilitas Rumah Sakit secara bertanggung jawab;

3. Menghormati hak pasien lain, pengunjung dan hak Tenaga Kesehatan serta petugas lainnya yang bekerja di Rumah Sakit;

4. Memberikan informasi yang jujur, lengkap dan akurat sesuai dengan kemampuan dan pengetahuannya tentang masalah kesehatannya;

5. Memberikan informasi mengenai kemampuan finansial dan jaminan kesehatan yang dimilikinya;

6. Mematuhi rencana terapi yang direkomendasikan oleh Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit dan disetujui oleh Pasien yang bersangkutan setelah mendapatkan penjelasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundand-undangan;

7. Menerima segala konsekuensi atas keputuas pribadinya untuk menolak rencana terapi yang direkomendasikan oleh Tenaga Kesehatan dan/atau tidak mematuhi petunjuk yang diberikan oleh Tenaga Kesehatan untuk penyembuhan penyakit atau masalah kesehatan lainnya; dan

8. Memberikan imbalan jasa atas pelayanan yang diterima.

Dalam layanan kesehatan, kewajiban pasien merupakan aspek penting untuk mencapai tujuan perawatan yang optimal. Pasien memiliki tanggung jawab untuk berpartisipasi aktif dalam proses pengobatan dan mematuhi instruksi perawatan yang diberikan oleh tenaga medis. Dengan melaksanakan kewajiban pasien dengan benar, pasien dapat membantu mencegh risiko infeksi atau komplikasi, mempercepat penyembuhan, dan meningkatkan kualitas perawatan kesehatan.

Oleh karena itu, menjadi pasien yang bertanggung jawab dapat membantu meningkatkan hasil perawatan kesehatan dan memastikan kesuksesan pengobatan. Download aplikasi IHC Telemed di App Store dan Google Play dan nikmati layanan konsultasi langsung dengan dokter IHC dimanapun dan kapanpun. IHC Telemed, sehat dalam genggaman.