Cacar air, atau dalam istilah medis dikenal sebagai varicella, adalah salah satu penyakit infeksius yang umum terjadi pada masa kanak-kanak. Meskipun sering dianggap sebagai bagian dari pengalaman masa kecil yang hampir tidak terhindarkan, cacar air tetap perlu diperhatikan karena bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan, dalam beberapa kasus dapat menyebabkan komplikasi serius.

Cacar air adalah infeksi virus yang disebabkan oleh virus varisela-zoster. Penyakit ini paling umum terjadi pada anak-anak, tetapi dapat memengaruhi orang dewasa yang belum pernah terkena sebelumnya. Virus ini menyebar melalui udara atau kontak langsung dengan cairan dari gelembung cacar yang pecah.

Gejala cacar air sering dimulai dengan demam ringan hingga sedang, diikuti oleh ruam merah yang gatal. Ruam ini kemudian berkembang menjadi gelembung berisi cairan yang pecah dan membentuk kerak. Ruam ini bisa muncul di seluruh tubuh, termasuk di wajah, kulit, dan selaput lendir.

Cacar air sangat menular dan dapat ditularkan dari orang yang terinfeksi ke orang lain melalui udara atau kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi. Masa inkubasi penyakit ini adalah sekitar 10-21 hari, yang berarti seseorang yang terinfeksi mungkin tidak menunjukkan gejala cacar sampai beberapa minggu setelah terpapar virus.

Saat ini, tidak ada pengobatan khusus untuk cacar air. Namun, langkah-langkah dapat diambil untuk meredakan gejala dan mencegah infeksi tambahan. Perawatan simptomatik termasuk mengurangi rasa gatal dengan antihistamin, menjaga kulit tetap bersih dan kering, serta menghindari menggaruk ruam untuk mencegah infeksi.

Vaksin varisela-zoster efektif dalam mencegah cacar air. Vaksin ini biasanya diberikan kepada anak-anak dalam dua dosis, dengan dosis pertama diberikan pada usia 12-15 bulan dan dosis kedua pada usia 4-6 tahun. Bagi orang dewasa yang belum pernah terkena cacar air, vaksinasi juga dianjurkan.

Cacar air, meskipun umumnya dianggap sebagai penyakit ringan pada masa kanak-kanak, tetap perlu diperhatikan karena potensi penularannya yang tinggi dan kemungkinan komplikasi serius. Vaksinasi adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit cacar ini, sementara perawatan simptomatik dapat membantu meredakan gejala bagi mereka yang terinfeksi. Jika mengalami gejala cacar air, konsultasikan dengan dokter untuk perawatan yang optimal. Download aplikasi IHC Telemed di App Store dan Google Play dan nikmati layanan konsultasi langsung dengan dokter IHC dimana pun dan kapan pun. IHC Telemed, sehat dalam genggaman.